http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

23 Maret 2014

Komparasi: 5 aplikasi pelacak (anti-maling) Android

Bismillah,
Setelah beberapa waktu lalu membandingkan 10 aplikasi Antivirus untuk perangkat Android (klik di sini untuk melihat postingnya), kini saya mengisi kategori Komparasi Aplikasi Android dengan menyajikan tabel perbandingan 5 aplikasi pelacak atau dapat juga disebut anti-maling untuk perangkat Android. Saya pikir ini perlu karena mungkin saja dapat dijadikan pertimbangan atau sekedar berbagi pengetahuan meski hanya 5 aplikasi dan sebelumnya saya pernah membahas cara melacak perangkat Android yang hilang dengan menyajikan 3 aplikasi pelacak Android yang dapat langsung digunakan tanpa melakukan pengaturan setelah aplikasi diinstall atau dipasang pada perangkat Android Anda.

Baiklah, langsung saja sobat berikut adalah tabel komparasi tersebut:

Klik untuk memperbesar tabel
Keterangan:
1 = ya
0 = tidak
Free = versi gratis dari aplikasi (memiliki versi pro)
Gratis = anti-maling gratis tanpa ada versi pro
Pro = tersedia di versi berlangganan/ berbayar
* = berdasarkan analisis pribadi
** = di perangkat saya

Pelacak atau anti-maling manakah yang terbaik untuk perangkat Android?

Setelah melihat tabel perbandingan di atas, maka akan muncul pertanyaan "Aplikasi anti-maling manakah yang terbaik?" atau "Aplikasi pelacak Android apa yang terbaik?" dan pertanyaan-pertanyaan sejenis. Dari tabel di atas dapat kita ketahui bahwa aplikasi yang memiliki fasilitas paling banyak adalah NeverLostMyDroid, dan disusul oleh AndroidLost. Namun untuk menjawab pertanyaan semacam ini tentu bukan sekedar banyak fasilitas yang ditawarkan saja sebagai pertimbangan karena kita harus melihat juga apa saja fasilitas yang ditawarkan sebuah aplikasi pelacak tersebut. Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut saya bagi menjadi beberapa rincian:

  • Fasilitas lengkap & support perintah online dan SMS
Untuk Anda yang membutuhkan fasilitas lengkap dan gratis dari aplikasi pelacak perangkat Android maka seperti yang terlihat pada tabel di atas aplikasi yang cocok untuk sobat adalah Never Lost My Droid dan Android Lost. Khusus untuk AnroidLost hampir semua perintah online tersedia di SMS, mungkin hanya beberapa yang tidak ada nah ini tentunya cocok untuk sobat yang jarang mengaktifkan internet pada perangkat Android. Lalu untuk NeverLostMyDroid fasilitas unggulan yang dimiliki adalah dapat melihat pesan facebook, whatsapp, melihat kontak dan lain-lain. Hanya saja untuk perintah melalui SMS hanya tersedia perintah yang tak terlalu banyak sehingga ini cocok untuk sobat yang perangkatnya selalu/ sering terhubung ke internet.

  • Hanya untuk melacak lokasi, mengunci dan menghapus data
Untuk Anda yang sekedar membutuhkan informasi lokasi, mengunci perangkat atau menghapus data yang ada pada MicroSD maka ada 3 pilihan aplikasi yaitu Android Device Manager atau aplikasi dari google namun yang perlu diketahui bahwa aplikasi ini hanya support perintah online alias tidak ada fasilitas menerima perintah melalui SMS.

Untuk alternatif dari aplikasi Android Device Manager terdapat 2 aplikasi yaitu XtraSEC dan Lost & Rescue Phone (L&R Phone) yang keduanya dapat menerima perintah melalui SMS. Sedangkan untuk XtraSEC perintah melalui web atau online tidak tersedia kecuali berbayar atau trial.

Aplikasi pelacak Android yang saya rekomendasikan

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, maka insyaALLAH sudah cukup membantu kecuali jika sobat membutuhkan fasilitas lain yang tidak ada pada aplikasi tersebut dan Anda dapat request posting atau review di sini. Sebagai penutup posting kali ini saya memberikan saran atau rekomendasi untuk menggunakan gabungan 2 dari 5 aplikasi di atas. Untuk mendapatkan fasilitas yang mumpuni dari aplikasi pelacak android gratis di atas kita dapat menggabungkan Android Lost dengan XtraSEC. Kenapa harus itu?
  1. Android Lost memiliki fasilitas yang lengkap selain itu support perintah via web ataupun SMS
  2. Sebagian besar perintah pada Android Lost dapat dilakukan via SMS yang mana ini melengkapi XtraSEC yang perintah via web hanya untuk pengguna Pro.
  3. XtraSEC melengkapi informasi baterai dan lokasi yang tidak kita dapatkan dari Android Lost
  4. XtraSEC dapat menangkap foto dari kamera depan/ belakang kemudian dikirimkan via e-mail (pastikan jaringan internet perangkat aktif, jika tidak aktif Anda dapat mengaktifkannya melalui perintah sms baik menggunakan Android Lost maupun XtraSEC)
  5. Lain-lain
Nah, mungkin alasan di atas dapat dijadikan pertimbangan dari rekomendasi saya. Namun keputusan tetap di tangan sobat tentunya dan apabila menemukan aplikasi lebih baik dari keduanya atau semua aplikasi yang saya review pada blog ini saya mohon sharingnya :-).

Sekian posting kali ini, semoga bermanfaat.
Untuk sobat yang ingin download dokumen komparasi 5 aplikasi pelacak (anti-maling) untuk Android dalam bentuk .pdf silahkan klik di sini.

konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.