04 Maret 2014

Komparasi: 10 Antivirus gratis Android yang banyak digunakan di Indonesia (2014)

Bismillah,
Banyak sekali antivirus yang ada mulai dari yang berbayar, trial, free, atau benar-benar gratis kadang hal itu membuat kita bingung untuk memilih manakah yang akan kita gunakan. Tetapi selain dari itu masih ada masalah mendasar yang perlu dibahas sebelum memilih antivirus untuk perangkat Android, yaitu "Apakah sebuah antivirus perlu dipasang pada perangkat Android?" sebagian orang menjawab tidak perlu dan sebagian lainnya menjawab perlu atau ada yang menjawab diantara keduanya (antara perlu dan tak perlu).

Lalu ketika ada pertanyaan semacam ini diajukan kepada saya, saya akan menjawab apa? Saya akan menjawab "antara perlu dan tak perlu" ya jawaban pertengahan. Kenapa? Sebenarnya kita perlu melihat apa dulu aktivitas dari pengguna perangkat Android tersebut, ketika aktivitas yang dilakukan hanya biasa-biasa saja misalkan jarang berselancar di dunia maya (internet jarang aktif), jarang memasang aplikasi dan permainan yang bermacam-macam pada perangkat Android tersebut maka jawaban saya sudah pasti yaitu Tidak perlu. Namun ketika pemilik perangkat tersebut adalah orang yang suka berselancar di dunia maya (internet sering aktif), suka sekali memasang dan mencoba aplikasi dan permainan yang bermacam-macam pada perangkat Androidnya maka jawabannya adalah Perlu.

Jadi, sebelum menjawab pertanyaan "perlu atau tidaknya" sebuah perangkat Android dipasang antivirus harus kita lihat/ tanya terlebih dahulu sang penanya tersebut memiliki aktivitas seperti apa dalam penggunaan perangkatnya. Setelah mengetahui aktivitasnya, kita perinci antivirus mana yang cocok dengan aktivitas tersebut. Dan sebelum merinci, perlu kita ketahui 10 antivirus gratis untuk perangkat Android yang banyak digunakan di Indonesia (dilihat dari play store) dan kita lihat tabel komparasi atau tabel perbandingan fasilitas yang ditawarkan oleh masing-masing antivirus tersebut. Dimana tabel ini saya buat beberapa waktu lalu, dengan waktu singkat dan dengan ilmu yang tak sarat. Langsung saja berikut adalah tabelnya (klik gambar untuk memperbesar):

Tabel Perbandingan 10 antivirus gratis yang banyak digunakan di Indonesia [Februari 2014]  oleh rev-all.blogspot.com
Tabel Perbandingan 10 antivirus gratis yang banyak digunakan di Indonesia [2014]
Keterangan:
Free = versi gratis dari anti-virus bersangkutan
Gratis = anti-virus gratis tanpa ada versi pro
Pro = tersedia di versi berlangganan
Install = harus menginstall aplikasi tambahan
* = berdasarkan analisis pribadi
** = di perangkat saya


Dari tabel tersebut kita ketahui fasilitas apa saja yang dimiliki atau yang ditawarkan oleh masing-masing antivirus, kemudian kita ketahui:
- Jumlah fasilitas antivirus
- Pengguna antivirus
- Rata-rata rating antivirus
- Ukuran apk masing-masing antivirus

Manakah antivirus android gratis yang terbaik?

Setelah mengetahui perbandingan antivirus gratis untuk perangkat Android di atas, maka akan timbul pertanyaan "Manakah antivirus android gratis yang terbaik?" Sebelumnya pasti kita tahu masing-masing antivirus memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, sehingga untuk menjawab pertanyaan tersebut maka perlu dirinci aktivitas apa yang sering Anda lakukan dalam menggunakan perangkat Android tersebut. Dan berikut adalah beberapa rincian aktivitas dan antivirus yang cocok dengan aktivitas tersebut:

Untuk Anda yang suka berinternet
Bagi sobat yang suka berinternet baik berselancar atau download apa saja, antivirus rekomendasi yang cocok untuk tipe aktivitas berinternet ria menggunakan perangkat Android adalah antivirus NetQin Mobile - Security adalah pilihan utama yang dapat melindungi aktivitas Anda. Selain melindungi secara langsung (real-time), memiliki firewall internet, internet manager, dan selain itu dapat menscan memori eksternal untuk mengecek kesehatan dari file yang Anda download.
Selain menggunakan NetQin, sebagai penguat agar lengkap proteksi keamanan dalam aktivitas sobat ada antivirus tambahan yang memiliki fungsi scan memori eksternal dan dapat mendeteksi virus berjenis adware yang cukup lengkap yaitu antivirus TrustGo. Ini berguna untuk sobat yang suka download aplikasi atau permainan untuk mendeteksi aplikasi atau permainan yang sobat download overdosis dalam beriklan :-). Namun antivirus ini hanya sebagai pendukung, jika sobat hanya berselancar dan mengunduh dokumen biasa dan jarang mengunduh aplikasi atau permainan yang lalu dipasang pada perangkat Android sobat maka aplikasi ini tidak perlu sobat pasang, namun berjaga-jaga lebih baik :-).

Untuk Anda yang suka install aplikasi atau permainan
Sobat suka menjelajahi aplikasi dan permainan di play store lalu mencobanya? Hati-hati, tak semua aplikasi dan permainan bersih. Karena ada beberapa permainan yang beriklan sampai menampilkan iklan di notifikasi atau jendela pop-up, ada juga aplikasi atau permainan malware (perusak) atau spyware (mata-mata). Maka dari itu untuk Anda yang suka pasang dan bongkar (pasang-bongkar) aplikasi atau permainan di perangkat Android terkhusus yang selalu online baiknya menggunakan antivirus yang dapat mendeteksi virus berjenis malware, spyware, dan juga adware. Sedangkan saya merekomendasikan antivirus bernama TrustGo untuk sobat gunakan, karena selama masa percobaan antivirus ini dapat mendeteksi aplikasi dan permainan berjenis malware, spyware dan adware lebih banyak daripada antivirus yang lain.
Selain menggunakan antivirus TrustGo, ada aplikasi penunjang yang berguna mendeteksi akses apa saja yang digunakan pada aplikasi atau permainan yang baru saja diinstall pada perangkat Android selain itu juga memberikan keterangan jenis pengiklan yang digunakan oleh aplikasi atau permainan yang baru saja dipasang dan juga beberapa info lainnya. Nama aplikasi tersebut adalah AppBrain Ad Detector [klik di sini untuk melihat reviewnya], dari namanya kita ketahui fungsi utama yang ditawarkan adalah pendeteksi iklan. Aplikasi ini sangat cocok disandingan dengan TrustGo untuk sobat yang tak ingin diganggu iklan yang overdosis dalam beriklan.

Untuk Anda yang membutuhkan antivirus sekaligus anti-maling
Untuk pembahasan anti-maling sebenarnya perlu pembahasan khusus dalam jenis aplikasi anti-maling, tetapi saya belum melakukan komparasi dan insyaALLAH ini menjadi rencana kedepan posting blog ini. Update: Saya sudah membuat posting tersebut dengann judul Komparasi 5 aplikasi pelacak (anti-maling) Android, silahkan klik di sini untuk melihat ulasan. Selain itu sobat juga dapat mencoba sebuah aplikasi untuk memantau perangkat Android dari jauh (sejenis aplikasi anti-maling) yang bernama "Never Lost My Droid" yang pernah saya review, klik di sini untuk melihat postingnya. Lalu, untuk 10 antivirus yang dibandingkan pada tabel di atas manakah yang merupakan (juga) anti-maling yang mumpuni?
Melihat dari segi ekonomis dan fasilitas yang diberikan, antivirus yang memenuhi kriteria tersebut sebagai pilihan pertama adalah McAfee, kemudian pilihan kedua adalah AVG. Dan untuk informasi, seperti pada tabel perbandingan di atas bahwa antivirus McAfee cukup berat di RAM khususnya ketika melakukan scan. Jadi hal itu perlu sobat pertimbangkan apalagi untuk perangkat yang memiliki RAM sedang seperti perangkat saya, sebagai saran sobat menggunakan antivirus yang ringan di RAM kemudian menginstall aplikasi khusus anti-maling.

Untuk Anda pengguna standar
Untuk sobat pengguna perangkat android yang memiliki aktivitas standar, yaitu yang jarang online, jarang pasang-bongkar aplikasi atau permainan maka kembali ke inti masalah "perlu atau tidaknya antivirus dipasang pada perangkat Android" seperti yang saya singgung pada pendahuluan posting ini. Maka jawabannya adalah tidak perlu. Kecuali jika Anda menginginkannya, mengingat ada antivirus yang juga memiliki fasilitas lain yang bermanfaat semisal blokir sms dan telepon, firewall internet, backup, dan lain-lain.
Lalu apa yang perlu sobat install? Yang perlu adalah menginstall aplikasi anti-maling, untuk berjaga-jaga ketika perangkat Android sobat hilang atau dicuri atau lupa menaruhnya dan kejadian-kejadian lain yang serupa. Kita berjaga-jaga, bukan berarti berharap agar hal itu teradi, tetapi untuk menanggulangi ketika nanti hal-hal tersebut terjadi. Dan kita berharap semoga saja tidak pernah terjadi.

Sekian komparasi atau perbandingan 10 antivirus gratis untuk perangkat Android yang banyak digunakan di Indonesia (2014), untuk sobat yang ingin mendownload tabel komparasi dalam bentuk dokumen pdf silahkan klik di sini.

Semoga bermanfaat.

konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

2 komentar:

  1. halo gan, mau nanya. kenapa TROJAN ga terdeteksi di antivirus TrustGo??? malahan terdeteksinya di 360 security.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara terbuka, saya tidak tahu tentang hal ini. Namun perkiraa saya:
      1. Di TrustGo tidak ada database trojan dan hal ini memiliki beberapa dasar kemungkinan. Kemungkinan pertama mungkin saja belum dimasukkan karena lupa atau belum tahu, kemugkinan kedua sudah tahu tetapi tidak dimasukka database karena tidak mengganggu sistem Android.

      2. Sedangka pada 360 Security mengetahui trojan dan memilih untuk membasminya.

      Ini hanya pendapat pribadi, terimakasih atas kunjungan dan pertannyaannya.

      Hapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.