http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

21 September 2017

Game Windows: Holiday Island, Game Jaman Dulu (jadul) membangun kota di sebuah pulau untuk liburan

Bismillah,
Ikon HolidayIsland by rev-all.blogspot.com
Meski agak melenceng dari tema blog, tetapi bahwa blog ini review android tetapi tiada salahnya kan kalau sesekali menuliskan tema lain yang tidak sama dengan tema utama. Juga sebenarnya jika dilihat dari alamat URL yang "rev-all" atau saya maksudkan untuk mereview apa saja tidak berhenti di android saja :-).

Nah, karena dulu saya pernah menyebut sebuah permainan simulasi membangun kota jadul atau jaman dulu yang bernama Holiday Island pada posting permainan android Village City, maka pada kesempatan akan mereview secara singkat permainan ini agar sobat tahu sedikit tentang permainan jadul / lawas atau old game yang dulu saya sangat suka bermain permainan ini. Bahkan sekarang ini kalau main jadi teringat jaman dulu dan ada rasa tertarik lagi dengan permainan yang meskipun sederhana tetapi cukup bagus dan layak unduk dicoba. Berikut adalah tentang permainan tersebut:

Nama Game: Holiday Island
Tahun rilis: 1996
Ukuran file zip: 6,3Mb / 204Mb (cek link download di bawah)
Ukuran file setelah unzip / terinstall: + 30-60Mb / 410Mb
Developer: Sunflowers Interactive

Splash screen holiday island - shared by rev-all.blogspot.com
Splash screen Holiday Island

Ya, meskipun jadul permainan ini cukup bagus dimasanya, dan sampai saat ini mungkin juga masih ada yang mencari atau sekedar ingin bernostalgia karena membangun kota di sebuah pulau kosong yang tak berpenghuni dan kemudian kita ramaikan untuk liburan para turis.

Di permainan ini tak sembarang meletakkan bangunannya tetapi ada yang harus dipelajari agar bangunan yang dibangun dapat menghasilkan pemasukan karena selain pemasukan juga ada biaya per bulan yang harus ditanggung pada masing-masing bangunan sehingga jika sebuah bangunan misalkan rumah sepi maka pengeluaran akan lebih besar daripada pendapatan dan jika semua atau sebagian besar bangunan sepi maka tak lama lagi kita akan bangkrut karena uang akan minus.

Menu Utama Holiday Island shared by rev-all.blogspot.com
Menu utama Holiday Island
Di awal memulai permainan kita akan mendapatkan modal pinjaman sebesar 4.000.000 (4juta) Pound, dan ini harus kita lunasi secepat mungkin agar kita tidak punya utang dan pengurangan uang karena adanya bunga pinjaman.

Salah satu hal yang membuat game ini menarik adalah adanya tantangan untuk mempelajari bagaimana cara meletakkan bangunan agar bangunan tersebut ramai sehingga dapat memberikan pemasukan uang. Dan selain itu mungkin saja ada saingan / pemain komputer yang akan ikut nimbrung di pulau yang kita pilih karena pemain bebas mau membangun di mana saja.

Mulai bermain holiday island - shared by rev-all.blogspot.com
Mulai bermain Holiday Island
Karena kita tergantung dengan ramai tidaknya sebuah bangunan agar mengetahui bangunan tersebut memeberi masukan atau malah menambah pengeluaran, dalam permainan ini kita dipermudah dengan adanya kotak di sisi kanan dan kiri setiap bangunan secara bawaan (default) warna tersebut menunjukkan ramai tidaknya sebuah bangunan dengan penjelasan kurang lebih sebagai berikut penjelasan warnanya:
  • Merah: belum ada turis / pengunjung atau ada tetapi sangat sedikit persentasenya (tidak tahu di bawah berapa persen), sehingga bangunan tersebut belum memberi masukan tetapi tetap ada biaya per bulan
  • Orange: ada pengunjung di atas berapa persen (di atas warna merah)
  • Kuning: ada pengunjung dan mulai stabil
  • Hijau muda: pengunjung banyak dan mungkin juga sudah ada pemasukan dari bangunan tersebut
  • Hijau tua: pengunjung hampir penuh atau sudah penuh sehinngga bangunan dengan warna ini adalah menunjukkan warna terbaik dan yang kita harapkan, karena pemasukan sudah optimal
Oh iya, informasi tambahan bahwa setiap bangunan memiliki kapasitas pengunjung/ turis, biaya dan pendapatan tidak sama. Jadi berdasarkan warna tersebut kita boleh merasa aman ketika warna pinggir bangunan tersebut paling tidak berwarna kuning, hijau muda, dan hijau tua. Sedangkan jika masih merah atau orange kita perlu membangun bangunan lain yang sekiranya dapat meramaikan bangunan tersebut.

Untuk Anda yang ingin download permainan ini
silahkan klik salah satu link berikut:

[Download file 6,3Mb  via Upfile.mobi]
[Download file 204Mb via Upfile.mobi]

[Download file 204Mb via mega.nz]

atau

Download file 6,3Mb via Upfile.mobi
Download file 204Mb via Upfile.mobi

Download file 204Mb via mega.nz

Mungkin ada pertanyaan di benak sobat, apa perbedaan dari kedua versi file tersebut, yang satu sangat kecil dan yang satunya cukup besar. Yang kecil 6Mb-an adalah portable dan tidak ada video di dalamnya, sehingga tidak perlu menginstall dan ukurannya lebih kecil. Mungkin juga akan terjadi berhenti di tengah jalan (waktu berhenti, tidak berlanjut sehingga permainan tidak dapat berjalan dengan semestinya). Sehingga yang lebih baik adalah mendownload yang versi 200Mb-an, selain lengkap sudah dimasukkan ke dalam Dosbox sehingga permainan berjalan lancar sebagaimana seharusnya berjalan dan saya menggunakan versi tersebut karena berkali-kali mencoba yang versi kecil tetap saja waktu berhenti pada bulan Mei atau April tahun 1997.

Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.