http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

09 April 2015

Terminal Emulator: Aplikasi terminal untuk android (layaknya command prompt di windows)

Bismillah,
Sobat mungkin ada yang sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini khususnya sobat yang suka oprek perangkat androidnya, ya "Terminal Emulator" kalau pada sistem operasi Windows sobat menemukan Command Prompt kan? nah aplikasi Terminal emulator ini adalah mirip dengan CMD yang ada di windows dan memiliki fungsi sangat mirip dengan CMD dan "Terminal" yang ada di OS linux yaitu untuk melakukan perintah dengan tampilan teks saja. Berikut adalah salah satu terminal untuk android yang akan kita ulas pada kesempatan ini:

Nama
: Terminal Emulator
Versi
: 1.0.69
Update
: April 2015
Ukuran file
: 551 KB
Versi Android
: 1.6 dan lebih baru
Developer
Situs
: -
Ikon Terminal Emulator - aplikasi emulator untuk android agar dapat melakan perintah seperti di command prompt windows (rev-all.blogspot.com)
Ikon dan nama aplikasi
Tampilan Emulator - aplikasi emulator untuk android agar dapat melakan perintah seperti di command prompt windows (rev-all.blogspot.com)
Tampilan aplikasi Terminal Emulator for Android
Dulu saya pernah mengulas sebuah aplikasi yang berfungsi untuk melakukan ping IP baik IP jaringan lokal maupun internet, jika sobat menggunakan aplikasi terminal emulator ini sobat juga dapat melakukannya tanpa menginstall aplikasi Ping Total tersebut. Selain dapat melakukan ping jaringan, tentu saja aplikasi terminal semacam ini dapat melakukan perintah yang banyak sekali (untuk sobat yang membutuhkan referensi perintah-perintah yang dapat dilakukan pada aplikasi ini silahkan klik di sini, atau dapat melakukan pencarian di google dengan kata kunci "Daftar perintah terminal emulator android" atau silahkan klik di sini).

Format untuk melakukan perintah ping menggunakan aplikasi ini adalah: Ping [alamat IP], sebagai contoh sobat ingin melakukan ping IP jaringan lokal 192.168.137.3 maka silahkan tuliskan ping 192.168.137.3

Fasilitas:

  • Copy-paste teks
  • Dapat meminta izin hak akses root (untuk pengguna yang perangkatnya sudah diroot)
  • Pengaturan tampilan yang lengkap
  • Terdapat tombol spesial
  • Window: dapat membuka banyak jendela perintah/ terminal
  • Dan lain-lain
Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Pengaturan tampilan lebih fleksibel (kini tidak hanya hitam-putih)
+ Terdapat fasilitas tabulasi (untuk melakukan perintah lebih dari satu secara bersamaan/ bergantian)
+ Dapat menambahkan perintah lebih banyak untuk pengguna yang suka oprek-oprek dengan menambahkan aplikasi busybox (dengan perangkat yang sudah root)
+ Lain-lain

Kekurangan:
Tidak saya ketahui kekurangan aplikasi ini.

Kesimpulan:
Aplikasi terminal yang satu ini saya pikir adalah yang sangat bagus diantara aplikasi terminal lainnya, karena selain memiliki banyak pengguna aplikasi ini juga memiliki banyak fasilitas dan kelebihan. Dan tidak heran jika aplikasi ini menjadi favorit developer Custom ROM android khususnya CyanogenMod. Jadi, aplikasi unik ini saya rekomendasikan untuk sobat gunakan untuk sobat yang mencari atau membutuhkannya.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:


Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.