http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

20 April 2015

Screenshot HD: Tangkap gambar layar Android untuk perangkat yang tidak ada fasilitas screnshot (root)

Bismillah,
Membahas screenshot atau menangkat tampilan layar perangkat Android dan disimpan sebagai gambar rasanya sudah tidak asing lagi untuk sobat-sobat pengguna Android. Cara melakukan screenshot mungkin sedikit berbeda antara perangkat satu dengan yang lainnya tergantung merk atau kebijakan pembuat perangkat tersebut (mungkin ya), tetapi kebanyakan dengan cara menekan tombol volume bawah dan power secara bersamaan.

Untuk perangkat ICS dan ke atas tentunya sudah dibekali dengan fasilitas ini, apalagi di masa ini perkembangan Android yang begitu pesat (sudah sampai Lollipop) tentu fasilitas satu ini tidak akan ketinggalan. Tetapi, di sisi lain perangkat Android versi lama yaitu Gingerbread (2.3) atau ke bawah sebagian tidak memiliki fasilitas ini meskipun sebagian sudah memilikinya. Salah satu contoh perangkat Android Gingerbread yang tidak memiliki fasilitas screenshot adalah Motorola XT321 atau dikenal dengan sebutan Motorola Defy Mini (silahkan lihat reviewnya di sini), tentu ini cukup "meresahkan" khususnya untuk sobat yang suka berbagi atau membuat tutorial.

Nah pada kesempatan ini, saya akan mengulas secara ringkas aplikasi gratis yang dapat melakukan screenshot untuk perangkat Android Gingerbread (2.3) dan yang lebih baru khususnya untuk perangkat yang tidak memiliki fasilitas screenshot. Berikut adalah tentang aplikasi tersebut:

Nama
: Screenshot HD
Versi
: 1.0.6
Update
: Agustus 2014
Ukuran file
: 1,4 MB
Versi Android
: 2.3 dan lebih baru
Developer
Situs
: -
Ikon aplikasi Screenshot HD_1.0.6 - aplikasi untuk screenshot layar android yang tidak ada fasilitas bawaan tangkap layar - root (rev-all.blogspot.com)
Ikon dan nama aplikasi Screenshot HD
Tampilan utama aplikasi Screenshot HD_1.0.6 - aplikasi untuk screenshot layar android yang tidak ada fasilitas bawaan tangkap layar - root (rev-all.blogspot.com)
Tampilan utama
Pada screenshot tampilan utama di atas adalah tampilan utama aplikasi Screenshot HD, juga sekaligus contoh hasil screenshotnya.

Fasilitas:
  • Dapat melakukan screenshot baik dengan menggoyangkan perangkat maupun dengan menampilkan ikon kamera di pojok layar
  • Delay, jeda antara perintah dengan eksekusi penangkapan layar
  • Shake to screenshot, fasilitas yang mengizinkan Anda untuk melakukan screenshot dengan menggoyangkan perangkat
  • Camera button, menampilkan tombol kamera (seperti gambar ikon) pada pojok layar. (baik pojok kanan atas, kanan bawah, kiri atas, ataupun kiri bawah - dapat dipilih sesuka Anda)
  • Button Size, menentukan besar tombol ikon kamera
  • Sound, efek suara saat pengambilan gambar
  • Dan lain-lain
Kelebihan:
+ Gratis, dengan iklan banner (tidak mengganggu)
+ Tampilan sederhana dan mudah digunakan
+ Dapat menentukan posisi tombol kamera (untuk melakukan screenshot)
+ Dapat merubah ukuran tombol screenshot
+ Terdapat notifikasi dan efek suara
+ Terdapat fasilitas Shake to screenshot

Kekurangan:
Sependek pengetahuan saya, aplikasi ini tidak memiliki kekurangan. Hanya saja akan lebih bagus jika terdapat fasilitas pengambilan screenshot dengan cara lain yang lebih mudah lagi misalkan dengan menekan lama tombol "search" (pada perangkat lama tombol ini masih ada) atau yang lainnya.

Yang perlu diketahu, aplikasi ini hanya untuk pengguna yang perangkatnya sudah diroot.

Kesimpulan:
Aplikasi ini tentu sangat membantu khususnya untuk sobat yang memiliki perangkat android yang tidak memiliki fasilitas screenshot, meskipun perangkat harus diroot tetapi aplikasi ini terbilang sangat bagus dibandingkan dengan aplikasi screenshot gratis yang ada di playstore berdasarkan percobaan yang saya lakukan (meskipun tidak semua saya coba, jika ada yang lebih bagus sobat dapat berkomentar di bawah posting ini).

Melihat fasilitas dan kelebihan aplikasi ini, saya merekomendasikan aplikasi ini khususnya untuk sobat yang membutuhkannya.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:


Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.