http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

13 Oktober 2014

Game Android: Virtual Villagers (Origins) - Simulasi permainan mengatur sebuah desa kecil

Bismillah,
Hampir sebulan tidak mengulas permainan Android, untuk mengisi kategori tersebut sekaligus menanggapi permintaan salah satu sobat rev-all maka kali ini saya akan mengulas sebuah permainan simulasi bertemakan sosial sebagaimana permintaan sobat tersebut maka disini saya sajikan permainan bertema sosial khususnya untuk mengatur sebuah desa kecil. Ya, layaknya seorang kepala suku di desa ini, tugas sobat adalah mengatur apa saja tugas-tugas penduduk di sana mulai dari pekerjaan atau keahlian, mencari makanan, membuat rumah, perkawinan, dan lain-lain. Jadi tak perlu banyak melantur, berikut adalah tentang permainan tersebut:

Nama
: Virtual Villagers - Origins
Versi
: 1.4
Update
: September 2013
Ukuran file
: 22 Mb
Versi Android
: 2.2 dan lebih baru
Developer
Situs
: ldw.com

Ikon game android Virtual villagers versi 1.4 - Permainan android mengatur sebuah desa kecil (rev-all.blogspot.com)
Ikon game Android: Virtual Villagers
Jika sobat pernah tahu atau pernah bermain permainan ini di PC, maka sobat tidak akan bingung dan bertanya-tanya seperti apakah permainan ini karena permainan ini sangat mirip atau bahkan sama persis dengan permainan PC dan yang ini adalah versi Androidnya. Ya, tentu dari developer yang sama. Permainan ini memiliki beberapa versi dan ini adalah versi pertama atau disebut juga Origins.

Dalam permainan ini, sobat dapat menjadikan penduduk setempat memiliki keahlian khusus misalkan ahli dalam bertani, membangun, penemu, pengobat atau tabib, dan ahli dalam perkembang biakan atau menambah jumlah penduduk desa :). Selain dapat memiliki sebuah keahlian, seorang penduduk dapat memiliki lebih dari satu keahlian, tetapi tentu harus disuruh mendalami bidangnya terus menrus misalkan seorang yang ingin sobat jadikan ahli dalam tani dia harus disuruh bertani/ bercocok tanam atau memanen buah, dan lain-lain kemudian jika sudah ahli dalam pertanian sobat dapat memberikan keahlian lain yang sesuai dengan bidang yang sobat inginkan, sebagai contoh ingin menjadikan seorang penduduk ahli dalam bidang penemuan maka harus disuruh belakukan research secara berkala kalau perlu diawasi dan jika kabur dikembalikan lagi kepada laboratorium yang ada sampai penduduk tersebut terbiasa melakukan research.

Untuk sobat yang masih baru mengenal permainan ini, tenang saja disana terdapat menu bantuan dan saat pertama kali memainkan ini juga terdapat panduan yang mempermudah Anda dalam mengetahui cara bermain game ini.

Berikut tampilan menu bantuan:
Bantuan game android Virtual villagers versi 1.4 - Permainan android mengatur sebuah desa kecil (rev-all.blogspot.com)
Menu bantuan - cara menyuruh penduduk melakukan aktivitas
Berikut ini adalah contoh tampilan panduan saat pertama kali akan bermain game ini:
Bantuan pertama main game android Virtual villagers versi 1.4 - Permainan android mengatur sebuah desa kecil (rev-all.blogspot.com)
Panduan pertama kali memainkan game
Sebagai catatan:
Permainan ini tetap berlangsung walau sobat tutup, dalam arti waktu dalam permainan terus berjalan, makanan berkurang dan populasi mungkin saja bisa bertambah. Sehingga jangan terlalu lama meninggalkan permainan ini nanti bisa-bisa semua penduduk mati karena kelaparan, jadi sebelum ditinggal lihat persediaan makanan yang ada.

Tetapi tenang saja, jika sobat ingin lama tidak bermain permainan ini, dapat mengatur kecepatan permainan dengan masuk menu Options kemudian pada Game Speed pilih saja Pause, kecepatan 1/2, atau yang lainnya. Selain memperlambat dan memberhentikan laju permainan sobat juga dapat mempercepat kecepatan permainan 2x lebih cepat dari biasanya. Berikut tampilan pengaturan tersebut:
Pengaturan bermain game android Virtual villagers versi 1.4 - Permainan android mengatur sebuah desa kecil (rev-all.blogspot.com)
Tampilan pengaturan untuk permainan
Dalam permainan ini juga terdapat sesuatu yang unik dan menarik, selain permainan tetap berjalan ketika ditutup ketika membukanya kadang kita akan mendapatkan sebuah "kejutan" dimana seorang penduduk menemukan sesuatu misalkan menemukan gua, tumbuhan langka, dan lain sebagainya dan kita dapat menentukan tindakan apa yang harus dilakukan seorang penduduk tersebut jika tindakan yang tepat akan mendapatkan sebuah hadiah entah berupa makanan bertambah atau yang lainnya. Sedangkan jika tindakan tidak tepat maka akan terjadi beberapa masalah misalkan penduduk bersangkutan mengalami sakit atau sebagainya.

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Permainan tetap berlanjut walau aplikasi ditutup/ tidak bermain
+ Dapat menyesuaikan kecepatan permainan (pause, 1/2, normal, atau 2x)
+ Terdapat panduan saat pertama kali bermain
+ Lain-lain

Kekurangan:
Tidak saya ketahui kekurangan pada permainan ini, jika sobat mengetahui kekurangannya silahkan menambahkan.

Berikut ini adalah ulasan versi baru Virtual Villagers Origin. Sedangkan untuk tutorial cara bermain silahkan klik di sini.

Kesimpulan:
Mungkin pertama kali mengetahui dan bermain permainan ini terasa sulit tetapi jika sudah beberapa kali bermain sambil mempelajari teknik-teknik bermainnya akan terasa mudah dan tidak ada masalah.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:
[Lihat aplikasi di Google PlayStore]


Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

2 komentar:

  1. Gw pernah main di pc ni bray.. mantap bray gamenya, developernya kalau g salah gametop bray.. entah itu myplaycity

    BalasHapus
    Balasan
    1. Developernya sama dengan developer desktop sob, yaitu Last Day of Work, LLC.
      Kalau myplaycity atau gametop itu yang mendistribusikan game-nya mungkin jadi dengan perantara mereka Anda tahu game ini :-)

      Hapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.