http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

21 Oktober 2014

Aplikasi: TextSecure versi 2.1.9 - Anti-Sadap SMS (dari penyadap aplikasi & operator)

Bismillah,
Sudah beberapa kali kita membahas tentang aplikasi sadap-menyadap khususnya untuk menyadap SMS pada perangkat Android, sebelumnya juga pernah kita bahas 2 aplikasi anak negeri yang berfungsi untuk mengenkripsi SMS sehingga orang lain baik yang melihat SMS maupun penyadap via aplikasi & operator tidak mengetahui apakah isi pesan yang ada karena telah tulisan telah dienkripsi menjadi huruf-huruf yang tidak mungkin dibaca sebelum dekripsi dan memasukkan sandi. Pada 2 aplikasi tersebut memiliki 2 fasilitas sama yaitu masih secara manual, nah sedangkan pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah aplikasi dengan fungsi sama tetapi aplikasi ini memiliki cara yang lebih baik dan dapat dibilang secara otomatis karena kita tidak perlu mengetikkan pin dan beralih kesana-kemari untuk mengenkripsi dan dekripsi SMS yang masuk dan keluar.

Berikut tentang aplikasi tersebut:

Nama
: TextSecure
Versi
: 2.1.9
Update
: Oktober 2014
Ukuran file
: 7,9 Mb
Versi Android
: 2.3 dan lebih baru
Developer
: Open Whisper Systems
Situs
: github.com/WhisperSystems

Ikon aplikasi TextSecure versi 2.1.9 - aplikasi android anti-sadap sms dari aplikasi penyadap dan penyadap operator (rev-all.blogspot.com)
Ikon TextSecure versi 2.1.9
Ikon aplikasi menggambarkan sebuah keamanan, ya tempat kunci dengan bentuk lingkaran dan dibawahnya terdapat tonjolan ke bawah sepertinya developer ingin menggabungkan antara tampilan gelembung (bubble) atau balon dengan tempat kunci sehingga sama seperti nama dan fungsi aplikasi. Yah, usaha yang cukup bagus meskipun saya perlu waktu untuk mengetahui ikon apa itu :-).

Tetapi nama aplikasi sudah sangat menggambarkan fungsi dari fungsi dari aplikasi sehingga perpaduan antara ikon dan nama aplikasi sangat cocok karena nama aplikasi sangat membantu penjelasan ikon.

Secara garis besar cara kerja aplikasi ini adalah: setelah Anda menginstall aplikasi, maka Anda akan mendapatkan ID aplikasi yang cukup panjang itu berfungsi untuk PIN atau password untuk membuat sebuah enkripsi berkata kunci. Kemudian aplikasi ini dapat digunakan untuk mengenkripsi pesan sesama penguna aplikasi TextSecure ini baik secara online atau chatting maupun secara offline atau melalui SMS & MMS.

Dibandingkan dengan 2 aplikasi enkripsi pesan yang pernah saya ulas, aplikasi ini tidak perlu memasukkan PIN secara manual dan memilih pesan yang akan didekripsi secara manual. Karena ketika Anda mengaktifkan enkripsi (dengan menekan ikon kunci) maka enkripsi pesan sudah terlaksana dan panjang perpesan yang dapat Anda tuliskan adalah + karakter (SMS normal 160 karakter).

Ketika penerima bukan pengguna aplikasi ini dan Anda mengaktifkan mode enkripsi, maka pengguna akan menerima sebuah teks konfirmasi pengaktifan enkripsi yang tidak terbaca tetapi tenang saja aplikasi tidak melanjutkan enkripsi pesan ketika orang yang Anda kirim aktivasi enkripsi bukanlah pengguna aplikasi ini.

Yah sedikit rumit, maaf karena penyampaian ini dengan bahasa saya sendiri dan baru beberapa waktu lalu mencoba aplikasi ini sehingga jika sobat ingin tahu lebih tentang aplikasi ini silahkan langsung saja mencoba aplikasi ini secara langsung mungkin lebih mudah praktiknya daripada teori yang disampaikan bukan dari ahlinya. Berikut adalah screenshot tampilan saat melakukan pesan:
Tampilan saat melakukan SMS aplikasi TextSecure versi 2.1.9 - aplikasi android anti-sadap sms dari aplikasi penyadap dan penyadap operator (rev-all.blogspot.com)
Tampilan saat berSMS & chat (Reupload dari PlayStore)

Dari screenshot di atas terdapat 2 warna yang berbeda, yaitu hijau dan biru. Sebagai informasi, bahwa warna hijau adalah pesan yang dikirim secara offline (SMS atau MMS) sedangkan yang berwarna biru adalah pesan yang dikirim secara online (chatting menggunakan server TextSecure).

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Tampilan sederhana dan mudah dimengerti
+ Dapat menentukan satu persatu manakah nomor tujuan yang akan dienkripsi
+ Pengguna dapat memilih secara leluasa apakah mau mendaftarkan fasilitas chatting pada aplikasi ini atau tidak (jadi hanya untuk SMS dan MMS saja)
+ Pesan SMS dan MMS yang masuk tidak masuk ke dalam penyimpanan perpesanan perangkat (aplikasi ini memiliki penyimpanan sendiri), sehingga aplikasi ini bebas dari aplikasi penyadap SMS
+ Selain bebas dari aplikasi penyadap SMS juga terbebas dari penyadapan operator (jika Anda mengaktifkan enkripsi atau menggunakan fasilitas online chat)
+ Terdapat emoji layaknya emoji Hangout Goolge

Kekurangan:
- Tidak menampilkan jumlah percakapan pada tampilan utama
- Tap pada ikon telepon tidak langsung melakukan panggilan (mungkin developer memiliki alasan lain)

Kesimpulan:
Aplikasi ini sangat cocok untuk sobat yang mencari aplikasi anti-sadap SMS. Selain bebas dari aplikasi penyadap juga dapat terbebas dari penyadapan operator atau via operator, aplikasi ini juga berjalan secara otomatis tidak perlu melakukan enkripsi & dekripsi satu-persatu pesan secara manual.

Meskipun begitu, mungkin ini akan menjadi masalah ketika Anda ingin membaca pesan (khususnya SMS) dari jarak jauh (via internet) ketika Anda lupa membawa perangkat Android atau kehilangan perangkat tersebut. Karena ketika Anda mengaktifkan penerimaan SMS melalui aplikasi ini, aplikasi SMS bawaan Anda tidak akan menerima data SMS tersebut. Sehingga aplikasi ini hanya saya sarankan untuk Anda yang membutuhkan saja, sedangkan yang tidak terlalu membutuhkan tak perlu memasang aplikasi ini.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:


Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.