http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

17 Januari 2015

Cara membuka aplikasi dan permainan java di android menggunakan emulator java PhoneMe

Bismillah,
Mungkin ada sobat yang kangen sama aplikasi atau permainan di hp java jadul atau ada aplikasi yang belum tergantikan dari hp java di perangkat Android? Sebenarnya banyak sekali cara untuk membuka aplikasi/ permainan java di Android, tetapi pada posting ini saya akan membahas dan memberi panduan ringkas cara membuka aplikasi dan permainan java di android menggunakan emulator PhoneMe. Developer aplikasi ini tidak hanya membuat emulator java untuk android, tetapi juga untuk OS lain misalkan Linux, Windows Mobile dan lainnya. Baiklah, langsung saja berikut tentang Emulator Java untuk Android bernama PhoneMe tersebut:

Nama
: PhoneMe.apk
Versi
: rev20547
Update
: Aplril 2014
Ukuran file
: Bervariasi
Versi Android
: tidak diketahui
Developer
: preuveneers
Situs
:davy.preuveneers.be/phoneme

Berikut adalah beberapa screenshot aplikasi tersebut:
screenshot Ikon aplikasi emulator java android PhoneMe oleh rev-all.blogspot.com
Ikon PhoneMe
screenshot Tampilan utama aplikasi emulator java android PhoneMe oleh rev-all.blogspot.com
Tampilan utama
screenshot pengaturan aplikasi emulator java android PhoneMe oleh rev-all.blogspot.com
Menu pengaturan
Dari tampilannya memang cukup ringkas dan sederhana tetapi memang dapat menjalankan aplikasi java dengan cukup baik, hanya saja memang memiliki beberapa kelemahan. Langsung saja berikut adalah cara menggunakan aplikasi ini:
  1. Pastikan aplikasi ini sudah dipasang pada perangkat sobat
  2. Aplikasi ini hanya dapat membuka aplikasi/ permainan (berformat .jar) yang sudah memiliki file .jad-nya sehingga sobat harus meletakkan file dengan nama yang sama tetapi format yang berbeda. File jad adalah ringkasan tentang aplikasi/ permainan java (.jar) yang hanya berukuran 1 kb atau kurang dari itu. Jika sobat hanya memiliki file jad tidak masalah, aplikasi PhoneMe akan mencarikan file .jar-nya sedangkan jika sobat hanya memiliki file .jar maka sobat harus membuat/ mencari file .jad-nya. Untuk membuat file jad ada banyak cara baik secara online maupun offline. Jika Anda memiliki ponsel java silahkan menggunakan aplikasi jar2jad.jar (silahkan cari di google dengan kata kunci tersebut). Kemudian untuk Anda yang memiliki PC atau laptop silahkan gunakan aplikasi Jad Generator (download di sini) dengan cara drag & drop file jar-nya ke ke layar gambar ponsel nanti file jad akan otomatis dibuat dan inilah cara yang saya gunakan. Sedangkan cara online adalah dengan mencari "Jad generator online" di google (ini adalah contoh situsnya).
  3. Setelah membuat file jad (memiliki jar dan jad) maka silahkan kumpulkan keduanya pada satu folder dan beri nama yang sama sehingga yang berbeda hanya formatnya. Berikut adalah contoh penamaannya:
    screenshot penamaan file aplikasi dan permainan java untuk aplikasi emulator java android PhoneMe oleh rev-all.blogspot.com
    Contoh hasil penamaan
  4. Jika langkah 1-3 sudah beres, silahkan buka aplikasi bernama Foundation (yaitu emulator PhoneMe) kemudian silahkan tuliskan direktorinya dengan format file:///sdcard/nama folder/namafile.jad. Sedangkan untuk membuka dengan file explorer saya tidak tahu harus menggunakan file explorer apa karena file explorer bawaan dan ES Explorer tidak cocok katanya (sehingga harus menulis direktori dan nama file secara manual). Untuk lebih jelasnya silahkan lihat videonya di sini.
  5. Setelah menulis silahkan tap Run, berikut adalah contoh ketika saya membuka aplikasi Quran menggunakan emulator ini:
    screenshot aplikasi java quran dibuka menggunakan aplikasi emulator java android PhoneMe oleh rev-all.blogspot.com
    Aplikasi Quran yang dibuka menggunakan PhoneMe
  6. Jika ingin menutup aplikasi silahkan tap menu pada perangkat sobat kemudian pilih close.
Alhamdulillah, akhirnya dapat memberikan tutorial yang cukup panjang dan bagi saya juga merupakan hal baru untuk memenuhi permintaan salah satu sobat rev-all, dan maaf mungkin posting ini agak lama karena saya juga cukup sibuk offline dan juga harus mencari referensi-referensi tentang cara membuka aplikasi dan permainan java di android. Baiklah berikut adalah kelebihan dan kekurangan aplikasi ini:

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Penggunaan cukup simpel, meskipun harus membuat jad-nya dulu yang cukup merepotkan

Kekurangan:
- File explorer apa yang support agar mudah memilih file jad belum saya ketahui (mungkin ada sobat yang sudah tahu) sehingga harus menulis direktori secara manual (Update: informasi dari sobat pengunjung dan teman, untuk mempermudah dalam pencarian file silahkan pakai OI File Manager dari PlayStore)
- Untuk aplikasi/ permainan java yang memerlukan tombol keypad kita harus membuat virtual keyboard terlebih dahulu (tidak langsung disediakan oleh PhoneMe), dan cara membuat virtual keyboard cukup susah kecuali jika sobat memiliki hp java silahkan langsung download dan menggunakan aplikasi Virtual Keyboard Embeder (kilik di sini - jika eror klik di sini untuk download), maaf tidak dapat mencontohkannya karena saya tidak memiliki hp java

Kesimpulan:
Aplikasi emulator ini sebenarnya cukup membantu jika hanya untuk membuka aplikasi dan permainan java yang sederhana, tetapi jika untuk aplikasi dan permainan java yang rumit sepertinya membutuhkan emulator lain atau cara lain, kecuali jika sobat memiliki hp java mungkin dapat memudahkan pembuatan jad dan virtual keyboard-nya.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:
[Tidak ada di Google PlayStore]




Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

3 komentar:

  1. untuk mempermudah dalam mencari file pakai OI FILE MANAGER di playstore

    BalasHapus
  2. Anonim: terimakasih atas kunjungan dan tambahannya. ini informasi yang sangat bermanfaat dan membantu bagi saya dan tentunya untuk sobat-sobat lain. :)

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.