http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

13 Oktober 2014

Aplikasi: Jota Text Editor versi 0.2.35 - Pengedit teks layaknya notepad++ untuk Android

Bismillah,
Membahas tentang aplikasi notepad, sebelumnya sudah saya ulas aplikasi jenis ini pada tag Notepad dan sobat dapat memilih dari beberapa aplikasi yang ada. Nah sedangkan pada kesempatan kali ini dari jenis yang sama tetapi dengan fungsi yang lebih khusus, karena aplikasi teks editor ini cocok sekali untuk sobat yang suka koding (coding) atau semua yang berhubungan dengan skrip dan mungkin juga beberapa bahasa pemrograman.

Yang saya ketahui dari aplikasi ini support CSS, PHP, dan HTML sedangkan untuk yang lainnya (belum saya coba tetapi terdapat pada keterangan situs) adalah XML, HTM, Java, JavaScript, dan lain-lain. Dikatakan support ketika pada setiap sintaks/ tag skrip atau kode pemrograman dapat memiliki warna yang berbeda seperti halnya pada aplikasi Notepad++ pada Windows PC. Dan dari itulah saya mengatakan "Pengedit teks layaknya notepad++" untuk perangkat Android, meskipun mungkin memiliki beberapa hal yang tidak bisa dilakukan dengan aplikasi ini jika dibandingkan dengan notepad++. Sedangkan untuk skrip atau bahasa pemrograman yang tidak support, aplikasi ini dapat membuka teks tersebut tetapi hanya memilliki satu warna yaitu teks berwarna hitam.

Baiklah langsung saja berikut tentang aplikasi tersebut:

Nama
: Jota Text Editor
Versi
: 0.2.35
Update
: September 2014
Ukuran file
: 789 Kb
Versi Android
: 1.6 dan lebih baru
Developer
Situs
: sites.google.com/site/aquamarinepandora/

Ikon aplikasi Android JOTA TEXT EDITOR - Pengedit teks yang cocok untuk coding layaknya notepad++ (rev-all.blogspot.com)
Ikon aplikasi android Jota Text Editor
Dilihat dari ikon dan nama aplikasi ini sangat cocok dan sudah menggambarkan fungsi dari aplikasi yaitu untuk mengedit file berjenis teks, sehingga tidak ada yang perlu dipertanyakan saat pertama kali mengetahui aplikasi ini :-). Berikut adalah contoh tampilan ketika membuka file CSS:

Contoh saat mengedit teks JOTA TEXT EDITOR - Pengedit teks yang cocok untuk coding layaknya notepad++ (rev-all.blogspot.com)
Tampilan Utama (saat membuka CSS)
Dengan teks warna-warni seperti itu tentu memudahkan kita dalam mengedit atau membuat sebuah pengkodean baik itu CSS, PHP, HTML, atau yang lainnya. Sebenarnya Anda juga dapat mendefinisikan tag atau sintaks sendiri dan juga mengubah warna-warna teks yang ada sebagaimana pada penjelasan pada situs resminya di sini.

Dari tampilan utama di atas dapat kita lihat pada bagian paling bawah terdapat beberapa menu yang memudahkan dan mempercepat dalam pengeditan dan pembuatan kode antara lain: simpan, undo, redo, copy, cut, paste, dan quit.

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Tampilan simpel dan mudah digunakan
+ Ukuran aplikasi terbilang kecil
+ Dapat menambahkan atau mendefinisikan sintaks sendiri
+ Dapat mengubah warna sintaks yang ada dengan manual
+ Terdapat tombol cepat pada bagian bawah
+ Lain-lain

Kekurangan:
Sependek pengetahuan saya aplikasi ini tidak memiliki kekurangan.

Kesimpulan:
Dari fasilitas dan kelebihan yang ada, aplikasi ini dapat dibilang profesional dalam bidangnya meskipun perlu ditambahkan support bahasanya atau mungkin Anda juga dapat ikun berkontribusi menambahkannya dengan mengikuti cara yang ada di sini. Jadi, aplikasi ini saya rekomendasikan untuk sobat yang membutuhkan aplikasi sejenis Notepad++ untuk perangkat Android sobat.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:
[Lihat aplikasi di Google PlayStore]

[Download file APK via Box]
[Download file APK via Ziddu]

Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

2 komentar:

  1. Wah, mantap gan.. apa ini bisa kyak Hex Editor ga gan? :) thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe malah baru tahu saya sob tentang Hex Editor :)
      Tetapi mungkin ya sejenis itu.. tapi ini dapat untuk beberapa skrip atau bahasa pemrograman.

      Hapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.