http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

14 Januari 2018

Ukuran file apk di playstore kecil, tetapi ketika ingin diinstall tertulis "Memori penuh" atau "Ruang tidak cukup"

Bismillah,
Mungkin pernah bertanya-tanya atau bingung kenapa saat menginstall aplikasi atau permainan di playstore yang ukurannya kecil tetapi membutuhkan ruang penginstallan yang longgar? Misalkan apk di playstore tertulis berukuran 2Mb tetapi saat mau menginstall tertulis "Memori penuh" atau tidak cukup dan memerlukan ruang bebas sampai 30Mb atau bahkan lebih.

Dan ternyata inilah jawabannya, bahwa yang tertulis di playstore adalah ukuran apk sebelum dipasang / diinstall di perangkat Android. Sedangkan ketika dipasang di perangkat Anda maka otomatis akan menjadi lebih besar karena diurai sehingga aplikasi dapat dijalankan di perangkat sobat. Seperti halnya ketika kita menginstall sebuah software di Windows, misalkan sebuah antivirus memiliki ukuran file .exe hanya 50Mb kemudian setelah diinstall terlihat di daftar software yang terinstall tertulis 200Mb.

Berikut adalah contoh aplikasi perpesanan Kongkow Messenger yang apk-nya berukuran 4,8Mb:
Contoh Ukuran file asli di playstore atau file apk (rev-all.blogspot.com)
Ukuran apk asli
Kemudian setelah terinstall di perangkat Android saya, terlihat lebih dari 8Mb. Berikut adalah screenshot ukuran apk setelah terinstall:
Contoh Ukuran file apk setelah diinstall di android (rev-all.blogspot.com)
Ukuran apk setelah terinstall
Dan juga di sana terdapat data aplikasi, sehingga dalam satu apk ukuran aplikasi dapat membengkak hingga ratusan Mb jika data aplikasi lebih banyak.

Adakah solusi agar ukuran data kecil?
Untuk masalah ukuran apk yang terinstall lebih besar tidak bisa diatasi, karena memang seperti itulah adanya. Sedangkan untuk ukuran data yang semakin besar dan banyak itu dikarenakan data yang ada pada aplikasi atau game tersebut semakin banyak, jika data dihapus maka kita akan memulai permainan dari awal atau jika itu aplikasi yang memerlukan login maka kita harus login dari awal dan mendownload data yang diperlukan lagi.
Urutan menghapus Hapus data aplikasi dan cache aplikasi sebelum mencopot atau menguninstall game dan apk (rev-all.blogspot.com)
Urutan menghapus aplikasi atau game android
Jadi gimana solusinya?
Tidak ada solusi jika Anda memang menggunakan aplikasi dan game tersebut dan membutuhkannya setiap waktu. Saran dari saya, jika Anda sudah tidak memerlukan sebuah game atau aplikasi di perangkat Anda silahkan dicopot atau diuninstall saja dan sebelumnya jangan lupa untuk menghapus data aplikasi. Informasi tentang apk dapat sobat temukan di menu Pengaturan -> Aplikasi -> Pilih aplikasi yang ingin dihapus -> Tap "Hapus Data" dan kalau ada data Cache tap juga "Hapus Cache" baru setelah itu lakukan uninstall atau "Copot Pemasangan" (Urutannya, agar mudah silahkan cek gambar di atas).

Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.