http://rev-all.blogspot.com/search/label/Perangkat%20Muslim

12 November 2014

Aplikasi: User Dictionary Manager versi 4.0 - Edit, impor, dan ekspor data kamus pengguna Anda

Bismillah,
Sobat suka menggunakan fasilitas User Dictionary atau Kamus Pengguna pada perangkat Android sobat? Ya, fasilitas yang berfungsi untuk menambahkan kosa kata baru pada perangkat agar nantinya mempermudah dalam pengecekan bahasa dan membantu membenahi penulisan atau menyarankan kata selanjutnya (sebagian orang menyukainya karena mereka merasa cocok dan nyaman, tetapi sebagian orang mungkin tidak suka karena terlihat lebih menyulitkan - yah, mungkin di awalnya memerlukan pembiasaan).

Jika Anda adalah termasuk orang yang suka menggunakan fasilitas kamus pengguna pada perangkat Android, maka aplikasi ini sangat bermanfaat untuk Anda karena dapat mengekspor/ backup data kosa kata Anda, selain itu juga dapat mengimpor/ restore ketika Anda ingin mengembalikan atau memulihkan kosa kata Anda. Aplikasi ini dibilang bermanfaat karena secara bawaan Android tidak menyediakan fasilitas untuk backup dan restore kosa kata yang ada pada kamus pengguna, dan berikut ini adalah tentang aplikasi tersebut:

Nama
: User Dictionary Manager
Versi
: 4.0
Update
: November 2013
Ukuran file
: bervariasi
Versi Android
: bervariasi
Developer
: Adrian Vintu
Situs
: udm.adrianvintu.com

Ikon User Dictionary Manager (UDM) versi 4.0 - aplikasi android untuk mengedit, mengimpor, dan mengekspor kamus pengguna perangkat (rev-all.blogspot.com)
Ikon User Dictionary Manager versi 4.0
Dilihat dari ikon aplikasi ini cukup menggambarkan fungsinya, meski tidak tergambar kata "Manager" di sana meskipun sebenarnya tanpa kata tersebut sudah cukup bagus. Gabungan dari nama aplikasi dan ikon aplikasi maka tidak ada yang perlu dipermasalahkan dalam hal pengungkapan fungsi aplikasi berdasarkan keduanya.

Berikut ini adalah tampilan utama aplikasi:
Tampilan utama User Dictionary Manager (UDM) versi 4.0 - aplikasi android untuk mengedit, mengimpor, dan mengekspor kamus pengguna perangkat (rev-all.blogspot.com)
Tampilan Utama
Pada tampilan utama ini, Anda disajikan 5 menu yang memiliki masing-masing fungsi. Berikut adalah penjelasan fungsinya:
  • Export: Berfungsi untuk backup atau menyimpan data kosa kata Anda yang berada pada kamus pengguna, biasanya tersimpan pada memori internal dengan nama file "wordlist.txt". Tetapi Anda dapat mengubah direktori dan nama filenya sebelum melakukan eksport.
  • Import: Berfungsi untuk restore atau memulihkan data kosa kata Anda yang berada pada memori internal/ eksternal dan diletakkan pada perangkat Anda.
  • Delete: Menghapus seluruh kosa kata yang ada pada kamus pengguna.
  • Clean: Membersihkan kosa kata (dari kesamaan), sehingga jika ada 2 kata yang sama maka satu kata yang lain akan dihapus.
  • Edit: Sebenarnya untuk menambah dan mengedit kosa kata kamus pengguna sudah ada pada pengaturan keyboard, tetapi mungkin saja Anda ingin melakukannya dengan lebih mudah maka gunakanlah aplikasi ini karena terdapat kolom pencarian kata untuk mencari kata tertentu pada kamus pengguna Anda.
Berikut ini adalah menu pengaturan "Preferences":
Pengaturan User Dictionary Manager (UDM) versi 4.0 - aplikasi android untuk mengedit, mengimpor, dan mengekspor kamus pengguna perangkat (rev-all.blogspot.com)
Pengaturan Preferences

Kelebihan:
+ Gratis, tanpa iklan
+ Ukuran aplikasi kecil dan ringan
+ Simpel dan mudah digunakan

Kekurangan:
- Sulit untuk menyimpan ke direktori yang lebih dalam, karena model pengambilan folder bukan menggunakan aplikasi tetapi harus mengetikkan teks secara manual.
- Tidak support untuk beberapa perangkat dan belum ada pembaruan aplikasi oleh developer.

Kesimpulan:
Melihat fasilitas yang ada pada aplikasi ini, dapat dikatakan aplikasi ini sangat membantu dan memudahkan kita khususnya yang suka menggunakan fasilitas kamus pengguna pada perangkat Android. Meskipun memiliki kekurangan seperti yang saya tuliskan di atas, tetapi aplikasi ini memiliki kelebihan dan fasilitas yang cukup mumpuni jadi saya merekomendasikan aplikasi ini untuk sobat yang membutuhkan.

Untuk Anda yang ingin download apk-nya silahkan klik salah satu link berikut:


Sekian ulasan kali ini.
Semoga bermanfaat.
konsultasisyariah.com
-- free space --
Untuk sobat yang suka dengan ulasan-ulasan pada blog ini,
silahkan berlangganan via e-mail.

Masukkan alamat e-mail:

Buka e-mail Anda untuk konfirmasi berlangganan.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.